Jumat, 07 Maret 2014

Memilih Search Engine untuk Mencari Informasi di Web


Budiman S Pratomo  membuat sebuat tulisan yang menarik tentang penggunaan Search engine. Search engine yang sangat populer dan sering dipakai orang yaitu Google. Yahoo! tidak termasuk disini karena Yahoo! lebih merupakan index yang merupakan kumpulan data base mengenai berbagai hal dalam web, sedangkan search engine adalah sebuah sistem yang akan mencari setiap informasi di web dengan menggunakan sebuah program yang disebut robot, bot, daemon, dan sejenisnya. Berikut ini beberapa contoh search engine dan direktori untuk memudahkan pencarian informasi yang penulis ambilkan dari salah satu situs internet.

http://www.google.com
http://searchenginewatch.com
http://www.yahoo.com
http://www.ask.com
http://www.alltheweb.com
http://aolsearch.aol.com
http://search.aol.com
http://www.hotbot.com
http://www.altavista.com
http://www.gigablast.com
http://www.live.com
http://www.looksmart.com
http://www.lycos.com
http://search.netscape.com
http://dmoz.org
http://www.answers.com

Dengan menggunakan Google kita tinggal mengetik suatu topik yang diinginkan dan selanjutnya akan muncul alamat-alamat yang tinggal diklik dan dipilih sesuai yang kita cari. Namun kadang kala tetap saja tidak praktis, bahkan yang disajikan Google pun kadang kadang tidak sesuai dengan yang dimaui. Untuk mengatasi hal itu, ada peranti lunak yang pada saat itu lebih dari sekadar mesin pencari Google. Peranti lunak itu adalah GuruNet buatan Atomica dan Teoma.


Gurunet


GuruNet bisa di-dowload dengan mudah dari alamat www.gurunet.com. Cara menggunakannya pun mudah, tinggal ketikan topik atau dengan menekan Alt dan klik mouse pada kata tertentu di layar maka GuruNet akan memberi kita sederet direktori. GuruNet mengambil referensi dari beberapa sumber seperti Columbia Encyclopedia, the American Heritage Dictionary dan Roget Thesaurus. Namun pada saat ini kalau kita klik link www.gurunet.com langsung di arahkan ke http://www.answers.com, yang tampilannya seperti berikut ini


Bila kita mengetik suatu istilah teknis atau akronim, misalnya url maka GuruNet akan memberikan saran apa yang akan kita pilih.


Dan ketika kita memilih salah satu topik yang diberikan maka akan ditampilkan definisi mengenai url, bagaimana mengucapkannya, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan pengertian itu mulai dari Wikipedia, Britanica Ensiklopedia dan lain-lain bahkan sampai apa terjemahan istilah itu dalam bahasa lainpun ditampilkan. Disamping itu juga menampilkan jawaban yang berkaitan dengannya dalam Related Answers. Apabila kita mencoba mengetikkan kata ”Army” maka akan ada penjelasan panjang lebar mengenai Army mulai dari definisinya, pengucapannya, apa artinya dalam bahasa asing, sejarahnya dan lain-lain. Bahkan kalau kita tidak mengerti kata tertentu dalam penjelasannya, misalnya tentang kata ”Garrison” maka cukup klik duakali pada kata tersebut dan akan muncul penjelasannya.

Teoma.


Search engine yang kedua adalah Teoma.com, yang ternyata ketika di klik link ini sekarang sudah menampilkan http://www.ask.com, yang tampilannya seperti berikut:



Apabila dipojok kiri ada keterangan Peel me dan kita kupas maka akan memberikan pilihan ”skin” yang berbeda-beda seperti berikut ini (tergantung skin apa yang kita pilih) :


Dahulu ketika masih bernama Teoma (www.teoma.com) menggunakan pendekatan baru untuk pencarian informasi yang dikenal sebagai Subject-Specific PopularitySM. Yang mendasarkan berdasarkan analisis mengenai situs mana yang paling relevan untuk menyajikan hasil yang lebih tepat. Ketika sudah menjadi Ask.com maka kemampuan yang dimiliki pun merupakan gabungan dari search engine Teoma dan Ask Jeeves, yang tentunya menjadi lebih bagus lagi.

Google.


Apabila kita berbicara search engine pada tahun 2009 ini maka menggunakan Google pun sudah sangat ”ampuh”, sekarang ini sudah ada kemampuan ”luar biasa” yang di tahun 90an tidak dimilikinya.



Saat ini fitur yang dimilikinya antara lain WebGambarGrup, Buku, Blog, Terjemahan, Gmail, Peta, Drive dan masih banyak lagi. Dengan fitur ini kita sudah dapat mencari informasi, mencari orang, membuat blog, mencari gambar, membuat email, bahkan menterjemahkan halaman web dengan mudah. Sebelum tahun 2000 penterjemah ini baru dimiliki oleh sebagian kecil search engine seperti http://www.altavista.com/ dengan Babel Fish Translation 

Untuk memanfaatkan Google dengan lebih baik, Budiman S Pratomo sebagai penulis sudah membuat dalam artikel tersendiri tentang bagaimana mencari informasi yang relevan dengan menggunakan Google dan apa saja kemampuannya.

Demikianlah uraian mengenai beberapa search engine yang menurut pengalaman penulis cukup memudahkan dalam pencarian informasi dengan relatif cepat dan hasilnya bisa sesuai dengan yang kita harapkan.

Semoga Bermanfaat


Penulis : Budiman S Pratomo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar